Selasa, 23 November 2010

waktu

Hai dunia! Ih udah lama juga ya diliat-liat postingan blog gue yang terakhir gue muat haha. Gimana ga ada gue? Sepi banget pastinya kan ya (dih paan sih… -__-)



Huft, kali ini gue berencana ngebenerin blog gue haha. Ya coba kita lihat lah gimana kondisi blog gue sekarang, ga jelas banget gini kan ya kayak apaan tau. Gaya bicara gue juga belakangan sudah mulai ‘beralih’, mulai dari gaya bicara ‘mengkritik’ dengan gaya bicara ‘kritikus’. Ngerti ga? Maksudnya gue berlebihan gitu kalo mengkritik sesuatu haha. Udahlah ya ga ngerti. Yah, intinya sekarang, gue mau menulis dengan sesuatu yang emang ‘penting’ buat dituliskan. Entri-entri ga jelas gue sebelumnya, cenderung menyerupai buku harian. Jadinya ga jelas dan ya, katakanlah, agak ngantukin. Zzz kalo bahasa komiknya.


Hari ini, belakangan gue makin gila rasanya. Sepertinya hari-hari menjadi makin absurd dan sarap. Eh absurd emang artinya apaan ya -_-? Kemaren misalnya, gue sibuk chatting dengan teman-teman sekelas gue haha. Jadi si Bugil alias Bule Gila alias Adie membuat grup di fb, Klz 9.6. Persis kayak gitu tulisannya haha. Padahal lebih enak kayanya kalo namanya Kelas 9.6 gitu. Udahlah apa. Trus kebetulan banget, pada Senin malam itu, yang lagi OL lumayan banyak. Kayaknya itu terjadi karena besoknya kita TIK, dan ada tugas ngedit foto, jadi banyak yang OL. Ya ga ada setengah dari anggota grup aneh itu sih, tapi ada berapa ya lupa deh. Pokoknya ada Adie, Alin, Wowo (tiga manusia ini hampir selalu muncul di dunia efbe), Siti, Herty, Fathia, dan Afiya. Eh tau-tau si Yosi muncul haha. Tapi yang ikutan chatting cuma gue, Adie, Alin, Wowo, Fathia, Afiya, dan Yosi deng. Siti ama Herty ga ikutan. Kalo Herty sih karna dia pake eBuddy, kalo Siti gatau kenapa. Ih sumpah rusuh banget ya, di dunia nyata maupun di dunia fb kami memang selalu kacau wkwkw. Misalnya, saling nyorakin orang, ngata-ngatain, bahkan mengumumkan bahwa besok bayar uang bencana sebesar sepuluh ribu. Ketika tadi kita ketemu, widih langsung heboh deh pada wkwk. Aduh sayang sih ga gue printscreenin cetingannya, padahal lumayan tuh buat kenang-kenangan wkwk.


Btw, kembali ke topik. Tadi gue abis baca-baca timeline… oh tunggu dulu, tau temlen ga? Timeline bukanlah alat pengembali kita ke masa lalu maupun sebuah garis yang memisahkan jalan antara pejalan kaki dengan pengguna kendaraan, melainkan artinya ialah… eh apaan ya? Itulah yang ada di twitter. Seperti home kalo di fb. Udahlah, gue ga mau sombong dengan punya akun twitter. Haha. Gue sering melihat orang-orang merasa ‘bangga’ jika memiliki akun yang masih ‘fresh’ gitu. Gue mah selon aja lah. Maupun blog. Gue ga pernah berseru ke teman-teman gue bahwa gue punya blog, dan gue ga pernah ngatain mereka gak ge empat u el karena ga punya blog. Gue pun ga pernah bernorak-norak ria, mengatakan ke khalayak bahwa followers gue seabrek, blog gue banyak yang liat, atau apaanlah. Ga butuhlah gue sok-sok ge empat u el. Oke, G4UL maksud saya. Gaul.


Oke lupakan. Jadi ada seorang tweeps berinisial FG yang membuat tweet, “aku males e tahun baru. Berarti UN makin dekat aja :(”



Nah lo. Itu dia yang mau gue bincangkan.

UN!!! UN, anak muda!!! Akhirnya, perjalanan selama tiga tahun di SMP harus ditentukan juga oleh ‘rumor’ ini. Jika ada yang bertanya, apakah gue siap menghadapi UN, jawabannya… lumayan. Ini bukan gue mau sombong loh haha. Tapi, seperti yang kita baca barusan., gue bilang ‘lumayan’ bukan ‘siap’. Gue paling takut sama IPA dan MTK nih. Dan untungnya ada PM, dan guru-gurunya ngebahas soal satu per satu. Jadi lumayan deh.


Nah tapi ya itu. kembali ke topik-topik gue sebelumnya, yang suka gue kupas disini…


Rasanya, waktu cepet banget berjalan.


Rasanya, baru berapa bulan lalu gue masuk SMP 119, dengan pakaian SD cupu seadanya. Tampang bego, muka oon. Sambil membaurkan diri ke setiap barisan, tiba-tiba gue ditanyakan seorang guru berinisial N, gue masuk kelas 7 berapa. Gue lalu kembali ke depan, ngeliat papan pengumuman. Gue masuk Tujuh Empat, rupanya. Disini gue merasa oke banget ya ini kelas. Ga di depan, ga di belakang. Cuma di kelas ini gue merasakan ada di kelas tengah-tengah. Rasanya, baru berapa bulan lalu, gue duduk dengan Dina Silvina. Ngebantu dia nulisin jurnal lah, nyerahin jurnal lah, malakin dia lah, apa lah… maupun ngeliat anak-anak 'kurang beruntung' diomelin Bu Nely karena ga bisa mainan suling... ngerjain tugas puisi... sampai akhirnya, bagi rapot dan mendapatkan buku kumpulan puisi kami. Lalu, kami jajan bersama. Romantis sekali 7.4.


Rasanya juga, baru berapa minggu lalu, gue masuk kelas 8.6. Masih jelas dalam ingatan, ketika gue kecewa berat ga masuk kelas pagi, malah masuk kelas siang, mana paling belakang lagi. Masih tergambar jelas dalam akal, waktu gue becanda-canda ama Nadia, ama Laras dan Dewi, ngetawain Elqy lah, apa lah… ngerecokin duit dansos lah… ga bisa kopral lah... masih pula teringat ketika pergantian pengurus kelas, dan kemudian gue dan UFO terpilih sebagai bendahara, mintain anak 8.6 yang pelitnya kebangetan… ngetawain muka ico dan awi yang aneh lah... contek-contekan sama Apip, Rifki, Nadia, ngapalin 65536 (masih inget ga ya tuh anak ._.?)… jalan-jalan sepuluh bsr, drama per kelompok... dibikin puyeng sama kelompok gue yang ancur lebur... digetokin satu-satu oleh seorang guru berinisial M… maupun akhirnya, saat kita ngumpul, ngobrol ama Bu Sri, ngomongin Satrio ama siapa lah tuh namanya yang ga jelas gimana kabarnya saat ambil rapot…



Dan baru kemarin rasanya, gue daftar diri, terkaget-kaget ketika tahu gue masuk kelas terbelakang (lagi) di 9.6… masuk kelas aneh ini, ketemu temen-temen yang terlampau gila (dan nampaknya ga akan bisa disembuhkan) dan ada beberapa sih yang waras (walau amat langka keberadaannya -__-)… teriak-teriak ga jelas mengetahui kenyataan menyedihkan —walau lebih tepat disebut menyenangkan— bahwa lampu kelas kami sudah divonis mati dan tidak bisa menyala. Mengapa menyenangkan? Sini gue terangkan, kalo itu lampu mati, maka biasanya pas lagi ujan, otomatis dunia gelap. Kalo kelas lain dengan tenangnya bisa menyalakan lampu kelas mereka, kelas gue mah kagak kan ya wkwk. Pernah ada guru yang ga masuk kelas kami karna kegelapan kelas kami tersebut, haha. Itu terjadi karena lampu itu kesenggol apa diapain gitu sama si Cory, pokoknya tau-tau itu lampu ngeblank dan yah sekarang telah dinyatakan meninggal. Dan masih banyak lagi… dan nanti pastinya akan terjadi hal-hal sarap yang akan menyenangkan untuk dikenang…………


Sebentar lagi US. Tegang sumpah. Gue ga punya banyak bekal buat menghadapi US. Belum lagi kami kelas terakhir. Kalo pas gedungnya masih di CXIX sih, sudah jadi ritual bahwa anak-anak penghuni kelas terakhir harus dipisah-pisah. Jadi misalnya anak 9.6 yang nomor absennya 1-5 katakanlah, maka mereka bakal seruangan sama sebagian anak 9.1. Kemudian, yang nomor absennya 6-10 bakal seruangan sama sisa-sisa anak 9.1, juga sebagian anak 9.2. Begitu seterusnya. Tapi pas US kemarin, kenaikan kelas, pas di gedung baru, nggak gitu. Anak 8.6 digabung, sekelas. Ini double hurray namanya, wkwk. Gue sih berharap banget kaya gitu hehe. Lingkungan anak-anak yang absennya diatas gue mendukung banget soalnya. Walau si Ihram yang nantinya bakal duduk di belakang gue atau di samping gue ga tau gunanya apaan sih wkwk (canda ram -_-v)


Seusai US, ambil rapor. Libur. Masuk semester genap (semoga gue dan kawan-kawan udah kebagian nyoba cxix yang baru! :D). Mulai ketemu TO yang bikin mual mual. Trus muli diarahin ke segala hal yang berbau ujian. TO lagi. TO lagi. Trus UN. Trus US. Trus UP (maap jika salah urutannya ya -_-v). Trus, tinggal tunggu hasil UN… apakah kita akan ketawa girang mengetahui kenyataan kita lulus? Atau sebaliknya????


Gila. Waktu berjalan cepet banget.


Lalu, mungkin gue akan mendaftar di sebuah SMA negeri di Jakarta. Lalu gue kelas 10. Kelas 11. Kelas 12. UN lagiii... kali ini sibuknya dobel, harus menghadapi ujian masuk PTN. UMB lah, SNMPTN lah...


Lalu gue kuliah.


Lalu gue kerja.


Yah, katakanlah, misalnya... lo terakhir bertemu dengan gue pada saat penerimaan ijazah kelulusan. Lalu katakanlah, kita ga pernah ketemu lagi. Trus cxix angkatan kita mengadakan reuni.


Idih, reuni. Itu nama agung banget kayaknya, wkwk. Seperti pertemuan kembali, mengenang masa lampau. Coba ya pas reuni nanti kita ketemu sambil saling berkata, "eh ini siapa ya?". Kemudian, setelah saling mengetahui nama satu sama lain, pastinya bakal ngenang masa SMP yang indah. Gue sendiri sudah 'mengantisipasi'nya mulai dari sekarang. Tidak perlu dengan menyiapkan uang buat menjadi investor terbesar dalam penyelanggaraan reuni mulai dari saat ini, tetapi cukup dengan menyimpan benda-benda kenangan kalian. Gue suka nyimpen kertas bekas 'surat-suratan' gue dengan temen-temen gue di kelas. Bahkan tadi gue baru nyimpen kertas surat-suratan antara gue, Bayu, dan Herti. Ya biasalah, ngomongin hal ga jelas. Gue juga nyimpen coret-coretannya Herty di buku gue. Pasti seru gitu ya kalo kita pas tua, ga usah tua-tua banget lah, katakanlah pas usia 25, kita ngeliat-liat kertas penuh arti tersebut. Trus coba lo membacanya bersama temen yang surat-suratan bareng lo itu. Pasti ketawa rasanya ketika melihat obrolan kalian berdua tersebut. Pasti lucu rasanya jika mengenang dulu lo pernah suka sama si itu, lo pernah jadian sama si itu, lo pernah musuhan sama si itu...


Ga usah lama-lama, lah. Gue juga menyimpan kertas-kertas ulangan jaman gue SD, mulai dari kelas 4 gue nyimpennya. Idih asli terkenang banget haha. Udahlah ga ngerti.


Tapi, kita bisa saja bertemu kembali dalam acara pernikahan gue suatu saat nanti. Dengan siapa? Ya, tunggulah saatnya nanti. (nah lo?!?!)


Atau mungkin, kita akan bersua lagi, saat lo menyetel televisi dan lo melihat gue di layar kaca, sebagai reporter VOA misalnya (?????)


Atau lo mungkin akan melihat gue di sebuah sekolah menengah pertama, saat mengantarkan anak lo masuk sekolah. Tentu saja, niscaya kita akan bertemu dengan keadaan lo adalah orang kaya dan gue adalah guru, bukan dengan keadaan lo adalah orang kaya dan gue adalah tukang sapu sekolah.


Atau, kita akan bertemu di sebuah toko buku, dan disana ada gue yang tengah meluncurkan novel perdana gue (???????????)


Atau kita akan bersua ketika lo menghadiri pemakaman gue???


Entah. Tidak ada yang mengetahuinya...


Waktu berjalan dengan cepat, takkan bisa kita hentikan. Maka, manfaatkanlah segala yang sedang terjadi dengan sebaik-baiknya. Kita takkan bisa membuat kesalahan sekarang, lalu ketika penyesalan muncul, kita akan memakai semacam 'mesin waktu' untuk kembali ke waktu yang telah lampau, menghapus kesalahan kita tersebut. Ini dunia nyata, Nak. Bukan dunia Doraemon dan alat ajaibnya.

Maaf untuk tatanan bahasa dan cara bicara yang lebay ini. Sekian dan terimakasih.


PS: Mari kita bersama menghadapi US!!! \('o')/

0 komentar:

Posting Komentar