Selasa, 16 November 2010

memotong kambing dan menggorok sapi

Hai dunia! Hari ini lumayan cerah ya, hahaha. Sebelum memulai kegiatan tulis menulis, gue mau meminta maaf terlebih dahulu atas judul diatas yang amat mengganggu dan terkesan amat sadis. Ga usah khawatir, gue anaknya penyayang binatang kok. Gue cuman biasa membunuh nyamuk aja.


Btw, gimana timplet gue? Makin ga jelas kan ya (?) eh gue mau ngomong nih, gue ini ga ganti2 template karna gue salah haha. Jadi kan aturannya pas udah kita browse xmlnya, kita harusnya klik 'unggah'. Eeeeh gue malah ngeklik yang simpan template haha kan bego. Pas udah beneran bosen ama template gue, gue nyari di om gugel, gimance cara ganti timplet. Dan gue pun menemukan jawabannya hahaha.

Trus pas milih-milih timplet di salah satu website penyedia template berinisial B, gue menemukan timplet yang aneh-aneh wakaka. Pas buka yang palentenan, eeeh malah ga jelas gitu haha. Pas buka kids, gue udah demen sama yang Mario Bross. Tadinya gue mau pasang yang itu, tetapi batal karna biasa aja kesannya, dan juga karna gue susah banget menang di game tersebut haha. Gue sampe terpana sama diri gue sendiri, kenapa gitu gue sebegitu ga artistiknya sampe milih template aja bingung -___- dan akhirnya, pilihan gue pun jatuh pada si timplet yang ini. Sudah lah, nikmati saja (-______-)

Kenapa gue merasa hari ini lumayan cerah? Yah, tentu kalian merasa cuaca Jakarta sekarang aneh. Kadang ujan, kadang gerah. Kadang kita kebingungan sampe ngudek-ngudek rumah buat nyari payung, kadang kala pula kita sibuk ngolesin sun block sambil berteriak ganjen, ‘aduuuh makin item ajeh deh geuweeeh’. Kalau ditanya, gue lebih suka cuaca cerah atau hujan? Ya tergantung hahaha. Kalo ahri Senin sampe Minggu sih gue lebih suka cerah ya. Kecuali Selasa, gue lebih rela deh keujanan dibanding hari Selasa jadi cerah. Emang Selasa kenapse? Ya ada deh haha. Cuma gue dan hati gue yang tahu(?).



Kembali lagi kepada pertanyaan tadi, mengapa gue merasa cerah. Yaaah, haha, ya gitu deh. Setelah meratapi tulisan blog gue belakangan ini, mungkin dua entri sebelum entri yang ini terbit, gue merasa tulisan gue kurang segreget biasanya. Yaaah, biasalah. Gue memiliki banyak pikiran yang ga indah. Teen life feel banget, lah. Dan sekarang, gue sudah melupakan hal-hal konyol tersebut. Yeah, hidup ini indah, kawan! Tergantung bagaimana caranya kita menyikapinya saja. Jangan pernah gentar jika menghadapi satu-dua masalah. Cinta? Klasik. Dimusuhin temen? Biasa. Temen makan temen? Lumrah. Temen makan serigala? Luar biasa! (?). Katakanlah, sebagai example dalam topik ini, gue. Gue ini manusia yang sudah terbilang pengalaman dalam menghadapi masalah. Hidup gue tidak seindah yang kalian kira, Nak. Gue udah bosen menghadapi masalah cinta-cinta begituanlah, walau orangnya yaah kalo ga yang itu paling yang itu. Soal pertemanan, apalagi. Bosen gue. Yah, tapi coba lihatlah gue. Gue masih tetep gila dan tetep dianggap gila. Dan sekarang ini, ya, alhamdulillah gue lagi gak menghadapi masalah haha. Ya paling percintaan, itu juga biasa banget lah, ga ngaruh-ngaruh banget buat gue. Intinya, Nak, kita itu menganggap hidup kita ini enteng aja. Dan kalo punya masalah, biasakan buat sharing ke temen. Jangan deh, sahabat, karena kebanyakan ‘temen’ itu ember mulutnya. Gue ini salah satu orang yang ga bisa buat enggak cerita ke sahabat-sahabat gue ketika gue kena apaa gitu atau ada apaaa gitu. Ya kayanya masih ada beban di pundak ini, seperti iklan salah satu salep penghilang pegal berinisial C. Apalagi, kawan-kawan pilihan gue available dimana-mana haha. Dan untungnya anak 9.6 menyenangkan, dan mengasyikkan, walau kesemuanya sarap. Menurut penelitian gue sih ya 9.6 kayanya bakalan lebih enak dibanding kelas-kelas gue sebelumnya haha. Kenapse? Ya karna mereka itu sarap haha. Udahlah ga ngerti.



Gue mau bercerita apaan ya? Histeria Idul Adha? Wah ga tau deh haha. Gue nulisnya pas malem takbiran sih, hahaha. Jadi gue ga tau gimanse acara potong-potongan tahun ini. Tapi sih, yaaah… Idul Adha biasa aja dari tahun ke tahun buat gue. Gue pribadi suka banget kalo sodara-sodara gue muncul dari tempat tinggal mereka masing-masing dan mampir ke rumah gue. Lalu kita ngobrol dan ketawa-ketawa ga jelas. Apalagi gue orang Padang, jadi kalo mereka ketawa maka ketawanya mereka itu bisa membelah dunia. Satu orang Padang ketawa biasa itu mungkin sama dengan dua orang Jawa ketawa histeris. Pokoknya, heboh. Tapi untungnya, ayah gue Jawa. Jadi kalo gue ketawa ga selebay mamah gue dan keluarganya lah. Tanya aja kawan-kawan gue, kalo gue ketawa ga pernah tuh sampe membelah dunia. Palingan membelah planet Bumi. (?)


Tapi sih, ya itu. idul Adha berlangsung dengan apa adanya, dengan normal. Ga pernah ya di daerah gue ada kambing ngomong, “aaa aku tak mau dibunuuuh” dan memotong tali dengan tangannya sendiri, ataupun ada kambing yang mengalami cinlok dengan kambing lainnya ketika mereka tengah dikumpulin, apalagi sampai tragedi sapi lepas dan kabur jelalatan ilang ga tau kemana. Hampir setiap tahun sih, gue suka liat di berita, sapi lepas itu sering banget kejadian di berbagai daerah. Dan gue ga bisa melakukan hal lain selain ketawa kalo ngeliat berita itu. Gue ga kebayang ya gimana hal itu kejadian sama gue haha. Misalkan ada sapi lepas trus dia lari gitu dan tau-tau dia ngibritnya ke rumah gue kemudian si sapi ini menghancurkan proyek memasak daging kerjaan kakek gue. Bakalan seru dan bakalan jadi trending topic seumur hidup, tuh. Tapi ngeri juga bayanginnya.


Oh iya kawan-kawanku. Gue mau bercerita soal sebuah novel berjudul Padang Bulan dan sekuelnya, Cinta di Dalam Gelas. Kenapa tiba-tiba gue ngomongin ini novel? Mengapa dari ngomongin kambing langsung nyasar ke novel coba? Soalnya novel karya Andrea Hirata ini keren banget. Alur cerita, udah jelas dewa. Latarnya, ngena banget. Tokohnya, gila semua. Tapi satu hal yang paling gue sukai adalah cara Andrea bercerita. Rasanya, kata-kata beliau ini teramat keren dan indah, menawan, namun memiliki kesan ‘mengalir’. Mari kita kutip salah satu dialog dari novel ini:


Mendapatkan Ikal, kawanku.


Sudilah kiranya memaafkan kesalahanku atas kejadian Aziz Tarmizi. Memang tak tahu adat sekali orang itu.


Ttd,

M. Nur, yang menyesal.


Apanya yang menarik? Tentu saja kata-kata yang ia pilih dan ia suguhkan dalam kalimat kecil itu. Benar-benar keren, lebay, dan menawarkan humor dalam bahasa baku, yang agak diasingkan oleh para pemudi-pemuda.


Atau, mari kita perhatikan sebuah puisi karya si Ikal yang ia berikan kepada kawan sejawatnya, Enong. Dalam cerita ini, Ikal mengatakan pada pembaca, bahwa kalimat-kalimatnya ini ia tulis sesuai ‘apa yang tengah terlintas di pikirnya’. Puisi yang gue maksud ialah ‘Bulan di atas kota kecilku yang ditinggalkan zaman’ (halaman 197, Padang Bulan). Yang paling bagus, tentu saja ketika Enong ditemani guru Inggrisnya menerjemahkan puisi tersebut ke dalam bahasa Inggris. Judulnya berubah 180 derajat, menjadi ‘Moon Over My Obscure Little Town’. Coba kalian baca puisi tersebut. Mengapa gue ga menuliskannya? Enak aja, mokay banget lu haha -___-.


Novel tersebut, menurut saya, sebagai salah seorang pembac a dari, entah, berapa juta orang yang sudah membaca novel itu, mampu sekali meningkatakan dan menambah kosa kata lebay kalian. Coba sekali-kali dibaca, jangan baca tinlit mulu haha. Gue sendiri ga pernah beli tinlit, sebabnya gue memiliki ideologi yang sama dengan kakak gue yang cewek. Kata dia, kalo dia beli tinlit, rasanya sia-sia. Iya juga sih haha. Dari judul aja udah bisa ketebak gimance alur ceritanya. Yaa, katakanlah judulnya Cinta di Dalam Bajay. Ya palingan, ketebak lah. Paling ada cowok keren ganteng yang jadi supir bajay, trus ada cewek kaya raya yang jadi penumpangnya. Trus mereka kenalan, trus saling suka. Trus jadian, tp ortu si cewek ga setuju anaknya jadian ama tukang bajay. Yah konfliknya mah bervariasi, bisa aja mereka kawin lari buat ngerebut hati ortu si cewek, maupun mereka juga bisa aja pura-pura bunuh diri supaya ortu si cewek ngijinin atau apalah. Akhirnya, ortu si cewek ngerestui hubungan mereka. Yaudah selesai. Klasik banget. Dan ideologi kakak gue tersebut akhirnya ditiru oleh gue haha. Akhirnya gue dan kakak gue tidak pernah punya tinlit. Dulu pas jaman SMP kakak gue sih punya,tapi pada dipinjemin ke temen-temennya. Dan alangkah bejatnya si temen, mereka tidak mengembalikan novel tersebut. Kasihan nian kakak gue. Kira-kira semenjak masuk SMA, kakak gue udah ga pernah beli tinlit lagi. Dan gue terinspirasi dari beliau.


Btw, penulis adalah bagian dari mimpi gue. Sini gue ceritakan, sekarang-sekarang ini gue mulai punya impian buat jadi guru, wartawan, dan penulis. Yah, klasik lah alasannya. Alasannya mungkin sama dengan alasan anak-anak kecil kalau ditanya “kenapa suka permen?”. Yah anak bocah bakal jawab apaan lagi selain karna permen itu manis, enak. Mungkin alasan gue sama dengan itu lah.


Oke, kembali ke kambing. Gue suka banget karna acara kambing ini terjadi di hari Rabu. Yuhuy! Betapa bahagianya gue dan kawan-kawan, terutama teman-teman di 9.6. Kenapa? Soalnya pelajaran Rabu itu ga enak hahaha. Gue juga yaaah menganggap Rabu itu empet banget. Gue juga ga tau hari apa yang pelajarannya enak-enak. Mungkin sih, Kamis atau Jumat. Hari paling males, ya Senin. Klasik lah alasannya. Belom lagi mintain dansos, musti sampe naik darah baru anak-anak baru mau pada bayar. Apalagi Senin kemaren, ada yang bikin gue kesel gitu soal dansos haha ada lah tuh. Jadi kami girang banget karna kambing dan sapi dipotong hari Rabu. Senangnyaaaa…..


Oke, kawan-kawan. Maaf sekali, sudah mau jam 12 malam. Atau tepatnya, tanggal 17 November 2010, hari dimana pelaksaan Idul Adha diadakan. Sudah ya, kawan-kawan. Salam Kambing!

0 komentar:

Posting Komentar