Minggu, 31 Oktober 2010

rapot bayangan

Hai semua! Gimana kabar kalian? Semoga makin baik dan makin betah hidup di Indonesia yang lagi dirundung bencana ini. Gue sih pengennya ngepak barang dan terbang ke Prancis aja langsung gitu, tapi ga ada duitnya (????). Kasihan nian ya kawan-kawan kita yang kena bencana, mari kita doakan supaya bencana ini usai dan mereka kembali tersenyum, belajar, bermain, tertawa, dan menertawakan orang lain layaknya manusia normal. Seperti biasa ya gue akan menyampah di blog butut dengan alamat blognya yang butut juga.



Btw, gue lagi ngumpulin duit buat beli pulsa modem hahaha. Minimalnya 25 ribu kata kakak gue. Sedangkan di kantong gue cuma ada 15 rebu. Itu artinya kurang ceban lagi. Maklum, gue bukan anak borju. Kedua orangtua saya bukan turunan bangsawan yang kalo gue minta apa gitu maka bakal langsung dikasih. Gila, males sebenernya. Tapi gue udah empet make internet di hp. Ga enak, lelet, bikin tangan pegel lagi. Terutama jempol, kasian bener ibu jari ini. Layaknya seorang ibu dalam dunia nyata, si jempol beneran jadi ibu. Tugasnya lebih berat dibandingkan jari gue yang lain. Jari paling nganggur sih menurut gue kelingking, jadi orang banyak yang manjangin kuku tapi kelingkingnya doang. Eh ga juga deng, jari manis juga termasuk golongan jari pengangguran. Ngangguuuur mulu, bisanya ngeliatin saudara-saudaranya yang tengah membantu aktivitas manusia. Kalo jari tengah sih ada gunanya buat gue. banyak malah. Di keyboard gue, tombol A-nya copot. Dih cacat banget kan? Bayangkan kehidupan sebuah komputer tanpa huruf a, ibarat makan nasi tanpa lauk. Mungkin bisa kita hilangkan huruf A itu dengan cara menyingkat, seperti yang menjadi yg, makan menjadi mkn, hari menjadi hr, dan sebagainya. Tapi kalo himma? Masa akan kita singkat menjadi hmm? Itu namanya menggumam, kawan. Maka dari itu, karna tombolnya copot, gue jadi kebiasaan meletakkan jari tengah tangan kiri gue di huruf A secara permanen. Kemudian kalo gue membutuhkan huruf A, maka gue harus menekan si A ini. Jadi jari yang menjangkau SDF, QWER, ZXC, Tab, Caps Lock, serta Shift adalah jari telunjuk tangan kiri. Dan tangan kanan gue yang ngurusin sisanya. Jari yang bekerja mengetik pada tangan kanan gue adalah jari telunjuk. Coba bayangkan bagaimana cara gue mengetik dengan jari kalian masing-masing. Alangkah cacatnya bukan???

Well. Hari ini adalah tanggal 31 Oktober 2010, Minggu. Hari terakhir di penghujung Oktober. Oktober 2010, menurut gue adalah sebuah bulan yang penuh pesona. Awal Oktober? Indah, jujur aja haha. Ada samting gitu dechhhh ya, kalo gue kasih tau ntar pada heboh lagi *senyum seksi* (???). Pertengahannya, lumayan. Akhir Oktobernya, lumanyun bok. Iya deh ada enaknya, tapi kok lebih banyak seseknya ya. Gue pada bulan ini ga ada masalah yang wow gitu sih, cuman ada heartache aja sedikit *eaea -_-*. Dan oh iya, ada someone yang menghina temen gue. Salah deng, sahabat. Gue jujur aja ya, gue paling ga suka sama orang yang ngehina sahabat gue. Dan kebetulan sahabat gue ini adalah salah satu sahabat yang berharga buat gue (asik asik). Gue ga terima berat dirinya dihina begitu saja. Mungkin dari penampilan, dia amat membuat orang dongkol. Tapi kalo kenal dia sesungguhnya, dijamin kalian akan menyesal berkata demikian.

Oke, lupakan. Sekarang gue mau ngebahas soal Shadow Report. Rapot bayangan (?). Daripada basa- basi, langsung gue kasih tau ya, rapot bayangan gue cacat abis. Mengapa? Ada nilai LIMA PULUH gan! Gila. Ini meleset abis dari target gue, ga ada nilai enam di rapot bayangan. Jangankan enam, nilai lima aja ada. Alhamdulillah cuma satu. Dan tau apa pelajaran sialan itu? TATA BOGA, gan! Pelajaran yang gue anggap ga ada gunanya!!! Kakak gue ketawa loh melihat gue mendapat nilai 5 buat pelajaran ini. Dan nilai enemnya ada banyakkk banget. Setelah gue memicingkan mata, sekarang gue sadari bahwa nilai UTS gue yang ini lebih jelek dibanding nilai-nilai UTS gue di delapan enam. Mungkin karna dulu UTSnya essay jadi gue lebih ada akalnya (ngeles). Dan gue ga mau membuat diri gue tambah ngenes dengan melihat nilai para Jimmy Neutron 9.6. Mereka pasti brilian banget. Mungkin di rapot mereka, ada sinar-sinar. Itu loh, yang suka ada di cerita sinderela. Pas bajunya udah disulap dan dia udah jadi cewek cantik, maka bakalan muncul sinar-sinar itu. Udahlah, apa hubungannya rapot dengan sinderela.


Nah, gue akan menceritakan soal pengambilan rapot haha. Ini ambil-ambilan rapot pertama di kelas sembilan. Widih, kece. Judulnya aja udah mewah banget ye: kelas sembilan. Ibaratnya para manusia kelas sembilan adalah Insinyur Soekarno, Muhammad Hatta, dan kawan-kawannya. Terus anak kelas tujuh adalah rakyat jelata tanpa ilmu yang setiap melihat pemimpinnya lewat akan berkata, “wah… mereka keren banget…” (ekspresi: mata berbinar, pipi memerah, wajah bercahaya) sambil menunduk hormat pada para pemimpin dan orang-orang pilihan negara ini. Wow, keren ya. Ini bukannya gue mau sok-sokan kakak kelas, tapi ini pengalaman pribadi gue HAHAHA -___-. Agak malu untuk mengatakan, dulu nih ya waktu gue masih cupu, masih kelas 7, angkatan gue pasti deh tau kalo angkatan 2008 (yang nge MOSin anak-anak tahun gue) tuh anak cowoknya tinggiiiii banget dan mukanya sangar-sangar haha. Apalagi rumah gue di Swadaya 5, dan mereka nangkring di pos deket rumah gue, otomatis gue harus melewati para bangsawan itu. Mereka kan masuk pagi, sedang gue masuk siang. Walhasil setiap ada angkatan ini, gue selalu lewat dengan muka menunduk, wajah pasrah, dan dengan penuh rasa mengalah. Pernah ya suatu hari gue ngelewatin anak kelas 9 yang nongkrong, dan ada yang nyeplos gini nih ‘we anaknye pak yos noh lewat’ dan temen-temennya KETAWA!!!!!! Tau gak gimana posisi gue??? Demi apapun, tengsin. Dan kalian pasti menduga bahwa gue akan menonjok mereka satu persatu dan berkata dengan semangat patriotisme disertai nada suara Pak Tino Sidin, bahwa menghina orang lain itu haram hukumnya. Jawabannya tidak, kawan. Yang gue lakukan adalah sebaliknya. Gue dieeeeem aja, pura-pura bloon (walau aslinya memang iya). Yang bikin tambah enek, kelas gue itu di 7.4, dan kalo mau ke kelas itu mesti membelah lapangan istilahnya. Jadi ya begindang deh, gue ga pede gitu haha walau gue tau ga ada yang bakal ngeliat gue -___- Pas gue kelas 8 dan angkatan tadi udah lulus, anak cowoknya baik-baik kalo kata gue haha. Lebih mending dari angkatan 2008 intinya.

Lupakan soal itu, kembali ke soal rapot. Gue dan afiya, sebagai dua insan manusia dengan jabatan yang mulia di 9.6: bendahara, harus dong menyajikan hidangan gitu kan ya ke para orangtua. Gue ini udah yakin seyakinnya kalo anak 9.1 sampe 9.5 ga akan ada yang nyediain makanan, paling banter cuman aqua sekardus, karna ini rapot masih bayangan bukan beneran. Eh taunya si Afiya udah beli makanan!!! Gue terperangah, ini pasti bakal menguras pundi-pundi emasnya kelas 9.6. Padahal ya, minat temen-temen gue untuk membayar uang kas itu sangat minim, seminim niat orang Indonesia untuk membaca buku. Mereka bakal kewalahan kalo udah hari Selasa, sebabnya pas Selasa itu wali kelas gue yang ngajar TIK, Pak Rudi, dijamin bakal nyuruh kita bayar tunggakan uang kas. Terus beliau bakal ngecek buku kas dan bakal manggilin anak-anak yang belom bayar. Yang tertangkap basah nggak bayar, mending siapin nyali dan mental sekuat baja, karena orang-orang malang ini bakal dipanggil ke depan dan tentu saja dicengin beliau, dan otomatis akan menjadi bahan ketawaan kami ber tiga puluh lima. Maka Afiya sibuknya Selasa doang. Jumat dan Senin? Kebalik, bukannya kita yang sibuk dikerubungin anak-anak yang mau bayar amal dan dana sosial, tapi kita yang sibuk menyiapkan kesabaran tingkat dewa untuk memalak mereka satu persatu.

Tapi apa daya, nasi sudah menjadi bubur. Apiya udah beli. Yaudah kita bawa itu makanan ke sekolahan. Kita perginya agak telat. Terus pas mau masuk sekolahan, gue mendapati banyak manusia yang mengenakan baju bebas tengah berdiri di luar. Dari kabar yang santer terdengar, katanya itu akibat mereka pake baju bebas. Oh, begindang. Yaudah gue dan Afiya ke kelas, dan sialnya pas mau masuk, udah ada wali kelas kami dan orangtua murid! Anak yang udah dateng cuma Siti, manusia yang sekelas dengan gue sejak kelas 7. Lalu gue melirik ke kelas tujuh satu, sebelah kirinya kelas gue. wih anak-anaknya lumayan banyak yang dateng, dan udah ada dua buah meja. Benar-benar murid yang baik. Dan karna kami butuh kursi buat duduk dan membeberkan cengiran selebar lapangan Ikada sambil menyodorkan kertas daftar hadir, yaudah dengan pasang muka sok imut disertai senyum 50 senti, kami masuk kelas sambil ngegeret meja dihadapan para orangtua yang menatap kami dengan tatapan aneh. Gue maklum, orang yang bloon itu kita -___-.

Baru berapa menit, datanglah kawan kami, Hardian Prabowo, si anggota dari Jimmy Neutron komunitih. Belom itu anak napas, Apiya langsung nyuruh pria aneh itu beli aqua sekardus. Dengan begonya, dan tanpa diupah apa-apa, dia menurut. Inilah yang dimaksud dengan tulus menolong yang sebenarnya beda-beda tipis dengan bloon. Kemudian, Afiya berinisiatif buat ngasih kue kepada para orangtua murid di dalam kelas. O mai gat… gila, nekat sebenarnya. Gue gengsi berat haha. Sekali lagi, dengan tampang sok imut disertai senyum (kali ini 100 centi), kami masuk kelas sambil ngasih kue. Malu? Jangan tanya.

Beberapa menit kemudian, akhirnya dateng orangtua yang bawa anak. Yaitu Bayu Aji dan bapaknya. Sumpah ya, kok mereka ini ga mirip -_- oke lewat, trus kita cerita cerita apalah tau gitu kan ya. Dan waktu terus berlalu. Tapi dikittt banget orangtua yang bawa anak, banyak yang ortunya doang yang dateng. Dasar anak zaman sekarang. Yang dateng kemaren dikittt banget, seinget gue nih ya, hanya Ramdhan, si gila Zikra, Herty, dan yang terakhir muncul si Yosi. Kayanya sih ada lagi tapi gue lupa. Si Zikra yang orangnya bloon ini dateng bersama abangnya. Nih ya gue kasih tau, mereka itu miripppp bangetttt. Ini kenapa gue katakan zikra gila, karna emang kenyataan. Jadi gini kan ya pas hari Kamis, PLKJ dan MTK ga ada gurunya, otomatis jam sehabis istirahat kami gunakan buat ketawa dan menertawakan orang lain. Ada yang ngobrol, ada yang nangkring di depan pintu, dan ada lagi anak-anak yang kreatif dalam menyalurkan idenya. Anak-anak kreatif ini memulai sikap kampungnya, yaitu ngambil spidol dan mencurahkan apa yang tersirat di otak mereka, contohnya: Okta Keren, Liani love siapaaa gitu, Siti love siapaaa gitu, afiya love siapaaa gitu. Trus dibawahnya dikasih love lagi, contohnya Siti love Ramdhan love Afiya love Yoga love Herty dan seterusnya sampai lapangan Ikada sana. Dan karna capek menangani kawan-kawan gue yang tengah menyalurkan aspirasinya ini, gue ikutan Liani dan Alin yang tengah memperhatikan anak 7.1 olahraga dari jendela. Setelah udahan, gue duduk di gerombolannya Afiya. Dan disanalah ada si bloon Zikra yang lagi tatap-tatapan penuh rasa jijik dengan Afiya yang tampangnya… galak -_-. Kemudian setelah ngegosip apalah tau, gue bilang oh mai gat gitu kan ya. Eh si bloon itu ikutan berkata o mai gat. Mungkin menurut lo biasa aja dan ga ada unsur kebloonannya sama sekali, tapi cara berbicara oh mai gat itu begini: tangan kiri membentuk setengah tanda hati saat mengucapkan oh, tangan kanan membentuk setengah tanda hati sambil disatukan dengan tangan kiri saat mengucapkan mai, kemudian kepala digoyangkan (dengan improvisasi sendiri, silakan diperagakan) saat mengucapkan gat. Alangkah sakralnya saat itu. Dan yang membuat kebloonan Zikra lebih menonjol daripada warga lain, alisnya ini naik tapi sebelah doang, dengan senyumnya yang membuat anda akan enek sejadinya. Ih sumpah ya kalo liat sendiri bakal ngakak deh. Dan sejak itulah muncul kata ‘o mai gat’ yang berimprovisasi dan penuh kesakralan.

Dan gilanya, mereka tuh gitu, kalo ortunya udah selese ngambil rapot maka dianya ikutan bakil. Ga menemani gue dan apitong dalam menyodorkan daftar hadir. Bahkan ketua kelas kami yang bejat (?) itu juga langsung pulang. Padahal gue dan afiya ini menduduki kasta nomor 3 kan ya. Gue lupa deh, tapi waktu itu ada guru yang ngomong kalo pengawal tugasnya lebih berat dibanding raja. Ini benar, dan inilah yang terjadi. Demi Tuhan ya, gue capeekkk banget jadi pihak yang begini. Sejak di 8.6, gue udah jadi tukang jaga warung. Waktu ambil rapot bayangan apalagi. Amittt deh ya. Gue maklum sma yang rumahnya jauh, lah yang deket aja ogah. Gue pas ambil rapot nanti ga mau jadi tukang jaga deh ya. Yang lain aja silakan.



Udah deh begitu ampe pulang. Akhirnya acara selese jam 3. Dan akhirnya gue dan afiya pulang.

Lah udah gitu doang??? Sebenernya masih panjanggg haha. Tapi gue lagi ga mood nulis nih. tadi sih moodnya ada, cuma sekarang ga tau kemana. Ketiup angin kali, kayak iklan sebuah merek susu penggendut badan. Ya udah ya, besok November. Have a nice month. xoxo

0 komentar:

Posting Komentar